Iklan




 

Iklan

MJLW-CherMat Berkomitmen Perjuangkan Hak Petani

Tuesday, September 03, 2024, 19:08 WIB Last Updated 2024-09-03T11:08:46Z

Tomohon
, Cahayamanado news.com~Petani merupakan profesi terhormat dan ujung tombak kesejahteraan keluarga serta perekonomian masyarakat dan daerah dalam mewujudkan ketahanan, kemandirian dan kedaulatan pangan.

Untuk itu Bapaslon (Bakal Pasangan Calon) Miky Wenur dan Cherly Mantiri bertekad dan berkomitmen menaruh perhatian dan kepedulian bagi petani. Jika Tuhan berkenan dan mendapat kepercayaan masyarakat, didalamnya petani untuk memimpin Kota Tomohon dengan segala kekayaan SDM dan SDA, termasuk memiliki lahan pertanian, maka tidak akan terjadi lagi ketiadaan pupuk bersubsidi akibat kelalaian (artinya kurang perhatian dan kepedulian). 

 Miky Wenur dalam suatu kesempatan bertemu dengan kelompok tani, mereka mengungkapkan keluh kesah, bahkan memaparkan secara teknis akibat ketiadaan pupuk bersubsidi. 

Meski demikian, Miky Wenur mengapresiasi dan terus mendorong Pemkot Tomohon dibawah kepemimpinan CS melakukan program-program untuk petani dan melakukan upaya-upaya segera mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah pusat.

Ketua Kelompok Tani 'Sumaru Endo' Kelurahan Pangolimbian Kecamatan Tomohon Selatan Brury Sarese mengungkapkan keluh kesah kelompok masyarakat tani bahwa tentunya sangat merasa tersiksa dengan tidak adanya pupuk bersubsidi, karena mau tidak mau harus mengambil pupuk non subsidi dengan harga yg sangat mahal yaitu pupuk mutiara Rp. 18.000/KG satu zak mencapai Rp. 900.000, 
PONSKA PLUS Rp. 12.000 /KG satu zak Rp. 600.000
UREA Rp. 8.000/KG satu zak Rp. 400.000
Kalau ada pupuk bersubsidi petani hanya mengeluarkan uang satu zak Ponska Rp. 125.000, 
Urea Rp. 125.000.

 Sementara itu, untuk tanaman padi kata Jelly Lumowa petani asal Kelurahan Tara-Tara Dua, umumnya pemupukan untuk musim tanam berjalan ini pada akhir bulan Agustus 2024 berarti sudah melewati waktu pemupukan. Tanpa pupuk, produksi padi menurun seperti dua musim tanam sebelumnya**(Abd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • MJLW-CherMat Berkomitmen Perjuangkan Hak Petani

Terkini

Iklan

Close x Iklan