Iklan




 

Iklan

Motivasi Masyarakat, Senator SBANL Ajak Tanam Pohon

Cahaya Manado News
Thursday, March 09, 2023, 14:39 WIB Last Updated 2023-03-09T06:45:08Z

 



Tomohon|||CMN- 
Senator Ir. Stefanus BAN Liow, MAP adalah putra tanah Malesung khususnya dari Minahasa Selatan, yang saat ini dipercayakan Sulawesi Utara (Utara) anggota Komite II DPD RI.

Senator dari bumi nyiur melambai ini, yang sering diakrap dengan nama SBANL ini, sangat aktif dengan pelestarian alam dan lingkungan. Baru-baru ini, suami tercinta dari Ir. Miky J.L Wenur MAP, memberikan motivasi dan bahkan memberikan contoh untuk melakukan penanaman bibit pohon dan buah.

Dari, pantauan media ini Kamis (9/7/23), Senator SBANL juga melakukan penanaman dan  memelihara pohon enau, seho atau akel. 

Kata, Senator SBANL yang adalah Mantan Ketua Generasi Muda Pencinta Alam (Gemupala) Amurang mengatakan fungsi pohon enau secara ekologis adalah sebagai pengawet sumber daya alam terutama tanah.

"Akar serabut pohon seho sangat kokoh, dalam dan kuat sehingga memiliki fungsi penting bagi menahan erosi tanah." kata mantan Ketua Mapala Mapalus ITM. 

Lanjutnya, "Akar seho juga memiliki kemampuan mengikat air. Disamping kelestarian alam dan lingkungan hidup, jelas Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2014-2018, seho memberikan banyak  manfaat untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat." jelas dia.

Menurut Senator Liow, Daun, ijuk, buah dari pohon enau juga memberikan nilai tambah ekonomi dijadikan gula aren, saguer sebagai minum kearifan lokal dan banyak manfaat lainnya.

Perlu diketahui, bibit pohon, tersedia dan disiapkan oleh pemerintah seperti melalui BP DAS Tondano di lokasi persemaian modern Likupang Batuputih Bitung, Kima Atas dan dilokasi lainnya. (MiRa/UKW 16700)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Motivasi Masyarakat, Senator SBANL Ajak Tanam Pohon

Terkini

Iklan

Close x Iklan