Iklan




 

Iklan

Gubernur Olly Apresiasi Peran PWI Sulut, Suprapto Ajak Laporkan Jika Ada Wartawan Yang Menyalahgunakan Profesi

Cahaya Manado News
Saturday, September 24, 2022, 18:12 WIB Last Updated 2022-09-24T10:18:07Z



TomohonIIICMN- Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menghadiri sekaligus membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara, yang dilaksanakan bertempat di Terung Kabasaran, Kota Tomohon. Sabtu, (24/09/22).


Usai membuka Rakerda PWI Sulut ini, Gubernur Olly mengungkapkan, bahwa pemerintah Sulawesi Utara bersama dengan  seluruh Kabupaten Kota, sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi karena peran PWI Sulut dalam rangka mensosialisasikan program-program kinerja pemerintah lewat media massa baik elektronik, Cyber dan Cetak.


“Kepada PWI dan segenap para anggota wartawan, diharapkan agar kita terus bersinergi, berkomitmen dan bekerja sama dengan pemerintah dalam rangka membangun dan mensejahterakan masyarakat Bumi Nyiur Melambay yang semakin Hebat.” Ajak Gubernur Olly.


Menurut Gubernur Olly, “Peran wartawan sangat diperlukan bersama-sama memberikan informasi kepada masyarakat dan koreksi yang positif terhadap pemerintah.” Kata Ketua Dewan Penasehat PWI Sulut ini.


Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengucapkan, “Selamat melaksanakan rapat kerja daerah Persatuan Wartawan Indonesia di Sulawesi Utara. Semoga PWI khususnya di Sulut semakin Profesional dan berintegritas dierah Moderenisasi Teknologi Informatika," ucapnya.


Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjend) III PWI Pusat Dr. Suprapto Sastro Atmojo saat menghadiri Rakerda ini menjelaskan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dibentuk tujuan utamanya adalah untuk menyuarakan kemerdekaan Indonesia, karena itu di dalam AD-ART disebutkan bahwa Pers sebagai alat perjuangan bangsa Indonesia. Kehadiran Pers juga berperan melakukan kontrol sosial, untuk mengingatkan kepada siapapun yang memegang kekuasaan. 


"Jadi jangan sampai ada teman-teman wartawan di Sulut yang melakukan fungsi kontrol untuk kepentingan pribadi dan golongan, kemudian menggunakan media untuk menulis hal-hal yang jelek. Tetapi laksanakan fungsi kontrol untuk kepentingan publik, sesuai yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 40 tahun 1999," terang Suprapto.


“Begitu juga jika menemukan orang yang mengaku wartawan apalagi anggota PWI yang menyalahgunakan profesi dengan sehari-harinya tidak menjalankan praktik sebagai seorang jurnalis sesuai amanat undang undang nomor 40 tahun 1999. Kami pengurus PWI dengan senang hati siap menerima laporan atau pengaduan.” ajak Suprapto.


Suprapto berharap mudah-mudahan PWI terus bersinergi dengan berkolaborasi, mudah-mudahan tetap bisa berdiri kokoh sehingga tetap menjadi pilar demokrasi bersama tiga kekuatan lainnya yaitu Eksekutif Legislatif dan Yudikatif.


“Saya atas nama ketua umum mengucapkan Selamat melaksanakan rapat kerja daerah Persatuan Wartawan Indonesia di Sulawesi Utara, mudah-mudahan apa yang dihasilkan dalam rapat kerja ini bisa menjadi masukan bagi PWI pusat yang akan menggelar rapat kerja konferensi nasional yang akan dilaksanakan di Malang Jawa Timur pada bulan November nanti.” ujar Suprapto. 


Selain Gubernur Olly, Rakerda ini juga dihadiri oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Mulyatno, Mewakili Danrem 131 Santiago, Kasrem Kol Inf Yuda Setiawan, Mewakili Kejati Sulut Berti Wongkar, Wali Kota Caroll Senduk dan Wali Kota Wenny Lumentut,  Wasekjen III PWI Pusat Dr. Suprapto Sastro Atmojo, Ketua PWI Sulut Vouce Lontaan, dan Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito, SIK. MH, serta para pengurus PWI Kabupaten Kota se-Sulawesi Utara. (MiRa)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gubernur Olly Apresiasi Peran PWI Sulut, Suprapto Ajak Laporkan Jika Ada Wartawan Yang Menyalahgunakan Profesi

Terkini

Iklan

Close x Iklan