Iklan




 

Iklan

Kumuh dan Tidak Terawat, Pemkot Manado Kosongkan Rusunawa Tingkulu

Saturday, April 02, 2022, 08:00 WIB Last Updated 2022-04-03T03:49:28Z


Manado
,|||CMN~Bangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang berada di Kelurahan Tingkulu, oleh Pemerintah Kota Manado per satu April 2022 sudah mulai dikosongkan dalam rangka perawatan akan kondisi bangunan yang sudah mulai kumuh.


Kadis Perkim Kota Manado Peter Eman menuturkan bahwa Rusunawa tersebut memang sudah saatnya  direnovasi karena sudah terlihat kumuh dan tidak terawat.

"Iya benar mulai satu April 2022  Rusunawa ini harua dikosongkan , karena akan direnovasi, dan selama proses renovasi sesuai ketentuan tidak dibenarkan ada penghuni. Bagi warga eks penghuni diberikan kesempatan untuk dapat menempati Rusunawa ini asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Itu juga berlaku bagi setiap warga kota Manado yang memenuhi syarat," jelasnya.

Ditambahkannya, pada Tahun 2022 ini, Pemerintah Kota Manado telah mengalokasikan anggaran Renovasi Rusunawa, karena selama ini tidak pernah ada perbaikan  sedangkan kondisi bangunan sudah kumuh.

Keberadaan kondisi bangunan Rusunawa milik Pemerintah Kota Manado yang sudah mulai kumuh dan tidak terawat, menjadi dasar Pemerintah untuk melakukan renovasi dan penataan kembali.

Adapun syarat untuk menjadi penghuni Rusunawa adalah warga kota Manado yang berpenghasilan rendah dan telah lulus seleksi sesuai aturan yg berlaku. Syarat kontrak penghuni hanya berlaku 1 tahun dan dapat diperbaharui maksimal 3x.

Diketahui, Bangunan Rusunawa Kota Manado ini dibangun pada tahun 2009 dan selesai 2010 kemudian diserahkan ke Pemkot Manado. Pengelolaan Rusunawa diserahkan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) berdasarkan Perwako no 52a tahun 2014.
Kemudian diserahkan pengelolaan lagi ke Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) dengan Perwako 43 thn 2019.


Pantauan media ini, pengosongan Rusunawa yang terjadi pada Jumat  31/3/22. berlangsung lancar dan tidak ada halangan berarti, karena diketahui satu bulan sebelumya Pemkot Manado telah menyampaikan surat pemberitahuan kepada penghuni Rusunawa tersebut bahwa bangunan akan direnovasi, sehingga mereka menerima proses tersebut. **(EL)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kumuh dan Tidak Terawat, Pemkot Manado Kosongkan Rusunawa Tingkulu

Terkini

Iklan

Close x Iklan