Iklan




 

Iklan

Lumentut Buka Seminar Sejarah dan Berdirinya Roong Tinoor

Cahaya Manado News
Monday, May 24, 2021, 20:44 WIB Last Updated 2021-06-01T20:47:28Z


Tomohon|||CahayaManadoNews.com- Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE, menghadiri dan membuka kegiatan

Seminar sejarah dan penetapan sejarah hari ulang tahun berdirinya Roong Tinoor,(Roong =Kampung) dilaksanakan di BPU Kelurahan Tinoor dua, senin (24/5/2021).


Pembukaan ditandai dengan pemukulan tetengkoren, penyamatan tanda peserta, penandatanganan prasasti, penyerahan simbolis plakat seminar.


Kegiatan ini bertemakan "Seminar sejarah dan berdirinya roong Tinoor" Sub Tema  "Melalui kegiatan seminar sejarah dan berdirinya Roong Tinoor yang kemudian ditetapkan menjadi pedoman, landasan sejarah dan hari ulang tahun berdirinya Roong Tinoor.


Lumentut dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Kota Tomohon tentu menyambut baik akan dilaksanakan seminar sejarah sekaligus akan menetapkan sejarah ulang tahun berdirinya Roong Tinoor.


"Penghargaan kepada semua pihak yang berupaya untuk menggali dan melestarikan nilai-nilai sejarah dalam perjalanan Ro’ong Tinoor untuk diwariskan kepada anak-anak cucu, sehingga mereka paham akan sejarah dan budaya daerah yang harus di lestarikan. Untuk itu marilah kita catat semua sejarah dalam catatan sejarah Tinoor, berdayakanlah semua kearifan lokal yang ada di Tinoor sehingga kedepan pembangun dalam berbagai bidang semakin maju, sehingga berdampak positif bagi masyarakat." kata Lumentut.


Sebelumnya Ketua Panitia seminar Stevano Purukan S.Th dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan adalah mewujudkan aspirasi masyarakat dan harapan masyarakat Tinoor dan HUT berdirinya Tinoor, serta meningkatkan partisipasi publik terkait sejarah adat dan istiadat Tinoor untuk lebih disempurnakan.


Selain itu juga dapat menguatkan peran kelembagaan dalam mengelola, memelihara dan melestarikan warisan sejarah, adat, budaya dan seni Roong Tinoor serta mengesahkan dan menetapkan sejarah dan HUT berdirinya Roong Tinoor secara de jure.


Narasumber dalam kegiatan, narasumber ahli Dr Ivan Kaunang M Hum, narasumber penyaji Judie Turambi SH, serta para narasumber tokoh sejarah Roong Tinoor.


Hadir pula Wakil ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA, Kadis Pariwisata Kota Tomohon Masna Pioh S Sos, Lurah Tinoor satu Windy Karundeng SE, Lurah Tinoor dua Jackie Rindengan SPd.

Peserta kegiatan, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh pendidikan, dan tokoh perempuan.  (MiRa)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lumentut Buka Seminar Sejarah dan Berdirinya Roong Tinoor

Terkini

Iklan

Close x Iklan